Tuesday, April 20, 2010

5 Fakta tentang cinta

Para ahli percaya, cinta itu baik untuk kesehatan. cinta bisa membuat hidup tetap sehat, bahagia, dan menghalau kerut di wajah. biar lebih jelasnya, ini dia 5 fakta tentang cinta yang bisa memberi pengaruh positif, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.
1. cinta ibarat cokelat : ada beberapa alasan mengapa pengantin baru nggak pernah bosan dengan pasangannya. cinta seperti candu kimiawi. jatuh cinta merangsang pusat kenikmatan, yang berada di otak, untuk meningkatkan produksi dopamine, zat kimia yang menentukan rasa nikmat dan menimbulkan 'ketagihan'. sama seperti ketika kita makan cokelatnya habis. dopamine merupakan salah satu zat kimia yang mendorong suasana hati, meningkatkan energi, dan mempertajam kemampuan untuk memfokuskan pikiran pada pasangan.
2. Mampu mendeteksi pasangan : "Apakah kita sudah menentukan the right man sebagai pasangan?" penelitian memperlihatkan, secara insting , melalui indera penciuman, ternyata perempuan bisa mengetahui apakah pasangannya tepat untuk dijadikan suami dan ayah dari anak-anaknya kelak. kemampuan ini muncul karena hormon feromon, yaitu zat kimia unik yang dihasilkan oleh hormon seks. ketika seseorang menangkap sinyal feromon yang cocok dengan penciumannya, ia akan merasa nyaman dan aman bersama orang yang menebar sinyal feromon tersebut.
3. Mampu memperbaiki mental : jangan pedulikan orang yang berpendapat bahwa pernikahan cuma bikin pusing, melelahkan, dan isinya hanya pertengkaran. penelitian membuktikan, menikah justru memperbaiki kesehatan mental dan mengurangi depresi. kebanyakan cewek menyatakan puas dan bahagia dengan pernikahan mereka. perasaan saling memiliki ini membuat seseorang merasa berharga dan berguna di mata orang lain sehingga membuat jiwanya semakin stabil.
4. Rasa kedekatan : seringkali, kita merasa takjub melihat seorang ayah menimang anaknya dengan penuh kasih sayang. tindakan ayah tersebut otomatis mengalirkan hormon testosteron, dan meningkatkan hormon oksitosin maupun vasopresin kepada anaknya, sehingga timbul kedekatan di antara keduanya. rupanya, pelukan mengandung keuntungan biologis: mengurangi stres, sakit jantung, tekanan darah tinggi, dan merangsang sistem kekebalan tubuh, baik pada mereka yang memeluk maupun yang dipeluk.
5. Bikin awet muda : setelah menikah, pasangan yang melakukan seks 4-5 kali seminggu terlihat 10 tahun lebih muda dibanding pasangan yang hanya melakukan hubungan seks 2 kali seminggu. penelitian membuktikan, testosteron yang keluar saat orgasme membantu seorang pria mempertahankan massa ototnya. sedangkan bagi wanita, hormon estrogen yang dihasilkan selama melakukan hubungan seks membuat rambut lebih bercahaya dan kulit lebih halus. nah, mungkin inilah salah satu alasan mengapa semua orang butuh cinta. Semua artikel dari Referensi "Buku Misteri cinta & cowok" panduan lengkap cewek buat ngegebet cowok. terima kasih untuk artikelnya...........

No comments:

Post a Comment